Welcome
Pelajar Berprestasi Selama Pandemi Menjadi Remaja yang Keren dan Berprestasi

6 Tips Menjadi Pelajar Berprestasi Meski Harus Belajar di Rumah Selama Pandemi

Di tengah wabah pandemi Covid 19, semua masyarakat diimbau untuk melakukan physical distancing. Sekolah maupun perguruan tinggi pun menerapkan pembelajaran secara online, atau belajar dari rumah. Hal ini menyebabkan pelajar dan mahasiswa kesulitan dalam belajar, karena tergoda untuk melakukan aktivitas lainnya di rumah. Agar tetap semangat untuk belajar dan terus berprestasi, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan. Simak ulasan lengkapnya.

Tips Membuat Suasana Belajar yang Menyenangkan

1. Pastikan Jaringan Internet Baik

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat suasana belajar yang menyenangkan adalah menyiapkan koneksi internet yang baik. Karena kini pembelajaran dilakukan secara daring, maka jaringan internet merupakan hal yang penting. Hal ini akan memudahkanmu untuk tetap terhubung dengan dosen maupun guru saat belajar di rumah. Kamu tidak wajib untuk memasang jaringan internet di rumah, karena kamu bisa menggunakan jaringan internet yang ada di smartphone.

Pelajar Berprestasi Selama Pandemi

2. Sediakan Camilan

Kegiatan belajar akan sangat menguras tenaga, dan membuat pikiran lelah. Meskipun kamu tidak banyak bergerak, duduk selama berjam-jam untuk belajar tentu akan menguras tenaga karena harus berpikir. Agar tetap semagat dan tidak kehilangan tenaga, maka kamu bisa menyediakan camilan secukupnya. Siapkan camilan seperti buah-buahan, kacang-kacangan, atau camilan favoritmu yang lain.

3. Jauhkan Benda yang Mengakibatkan Kurang Fokus

Belajar dari rumah tentunya tak akan luput dari gangguan-gangguan yang dapat membuatmu kurang fokus. Gangguan tersebut bisa datang dari mainan, smartphone, maupun televisi. Maka saat belajar, kurangi akses pada kegiatan-kegiatan yang bisa mengganggu fokus dan konsentrasimu. Sebaiknya kamu tidak belajar di depan tv, dan jika smartphonemu tidak dibutuhkan untuk belajar maka lebih baik menjauhkannya untuk sementara waktu.

4. Sediakan Tempat yang Nyaman

Mungkin beberapa dari kamu banyak yang melakukan kegiatan belajar sambil rebahan di kasur. Rebahan memang merupakan hal yang dapat membuat nyaman, tetapi tidak untuk kegiatan belajar. Belajar sambil rebahan hanya akan membuat badanmu sakit dan konsentrasimu hilang. Bahkan bisa-bisa kamu tertidur dan tidak jadi meneruskan belajar. Sebaiknya pilih tempat duduk yang nyaman, dan sediakan meja yang tidak terlalu tinggi dan tak terlalu rendah.

5. Sediakan Alat-Alat untuk Belajar

Berikutnya kamu juga perlu menyediakan alat-alat yang mendukung dan memudahkanmu dalam proses belajar. Jika saat di sekolah kamu terbiasa meminjam barang milik pelajar lain, maka di rumah kamu harus menyediakan alat-alat tersebut sendiri. Barang-barang tersebut dapat berupa alat tulis seperti buku, pensil, penghapus, pena, dan lain sebagainya. Jangan sampai karena tidak kamu perhatikan, jadi membuatmu tidak bisa belajar.

Pelajar Berprestasi Selama Pandemi

6. Pastikan Ruang Pencahayaan Sesuai

Agar mata dan kepala tidak pusing, maka sebaiknya kamu perhatikan pencahayaan di ruang belajarmu. Jangan sampai ruangan tempat kamu belajar minim pencahayaan, karena dapat membuat mata rusak serta kepala pusing. Selain itu, belajar di ruangan yang terlalu redup juga akan membuatmu malas. Karena mata akan lebih bekerja keras untuk melihat, sehingga membuatmu lebih cepat lelah dan mengantuk lebih cepat.

Itulah beberapa tips agar suasana belajarmu tetap nyaman selama berada di rumah. Meski belajar di rumah dan tidak dapat dipantau secara langsung oleh guru maupun dosen, bukan berarti kamu bisa bermalas-malasan. Tetap belajar dengan baik agar nilaimu tidak turun dan terus berprestasi. Selama pandemi memang semua orang tidak diperkenankan untuk banyak beraktivitas di luar, maka belajarlah dengan tekun meskipun hanya dari rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *