Welcome
makanan untuk penderita diabetes Sarapan yang Aman untuk Penderita Diabetes

6 Rekomendasi Makanan untuk Penderita Diabetes yang Terbaik

Penyakit diabetes merupakan penyakit kronis yang berlangsung dalam jangka waktu yang panjang. Makanan untuk penderita diabetes pun tidak boleh sembarangan dan harus dipilih dengan hati-hati. Dalam memilih makanannya juga bukan hal yang mudah. Banyak yang perlu anda pertimbangkan dan banyak larangan, terutama untuk makanan yang rasanya manis. Berikut rekomendasi makanan terbaik untuk orang yang menderita diabetes.

Makanan Bagi Penderita Diabetes yang Disarankan

1. Oatmeal

Makanan pertama yang disarankan yaitu oatmeal. Makanan ini tidak mengandung gula sebanyak yang dikandung oleh nasi. Anda bisa tetap mendapatkan karbohidrat yang cukup dari bahan makanan satu ini. Meski rasanya sedikit hambar namun oatmeal ini aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Anda juga bisa menambahkan buah-buahan seperti pisang atau kiwi bahkan strawberry agar rasanya menjadi lebih enak.

makanan untuk penderita diabetes makanan yang baik untuk diabetes

Tidak hanya bagus untuk mengendalikan kadar gula, oatmeal yang terbuat dari gandum disebut-sebut sebagai makanan paling sehat untuk orang yang menderita diabetes. Gandum juga memiliki kandungan glikemik yang rendah, namun tinggi serat. Dua kombinasi ini dapat memperlambat penyerapan glukosa dari dalam darah. Tidak hanya itu saja, gandum juga mengandung mineral dan vitamin yang tentunya sangat baik untuk tubuh.

2. Ubi Jalar

Selanjutnya ada makanan sumber karbohidrat lain yang bisa dikonsumsi untuk pengidap diabetes, yaitu ubi jalar. Bahan makanan satu ini juga memiliki kadar glikemik yang rendah. Semakin rendah nilai glikemik makanan maka akan semakin lama makanan tersebut diubah menjadi glukosa, sehingga aman untuk dikonsumsi. Apalagi rasanya pun sedikit manis, cocok sebagai makanan bagi penderita diabetes.

3. Jagung

Nilai glikemik yang dikandung oleh jagung juga ternyata cukup rendah, cocok jika digunakan sebagai pengganti nasi. Selain itu tubuh juga lebih sulit mencerna jagung. Hal ini dikarenakan jagung memiliki serat pati resisten. Bahkan ada sebuah studi yang menyebutkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi karbohidrat ini setiap hari, dapat membantu mengendalikan gula darahnya dengan lebih baik.

4. Sayuran Berdaun Hijau

Tidak dipungkiri lagi banyak khasiat dan vitamin yang terkandung dari sayur-sayuran berdaun hijau. Selain itu, makanan dari olahan sayuran ini rendah akan kalori dan juga karbohidrat. Sehingga sangat baik untuk anda yang menderita diabetes agar dapat mengendalikan gula darah yang dimiliki. Jenis sayuran berdaun hijau yang dianjurkan diantaranya yaitu Brokoli, Kubis, Bayam, Sawi, serta Pok Choy.

5. Ikan Laut

Makanan laut juga bisa jadi pertimbangan bagi anda yang memiliki penyakit gula darah. Beberapa ikan laut mengandung lemak yang sehat, dan dapat membantu mengendalikan gula darah. Serta menekan kadar lemak darah pada pengidap diabetes. Ikan laut seperti salmon, sarden, atau tuna adalah ikan yang sarat akan gizi. Selain rasanya yang lezat, ikan-ikan ini kaya akan omega 3 dan nutrisi yang baik bagi tubuh.

makanan untuk penderita diabetes Jenis Makanan Penurun Gula Darah Untuk Penderita Diabetes

6. Kacang-Kacangan

Makanan terakhir yang direkomendasikan bagi penderita diabetes, yaitu olahan makanan kacang-kacangan. Tidak hanya memiliki indeks glikemik yang rendah, makanan ini mengandung magnesium dan karbohidrat kompleks yang aman. Serta mampu mengontrol kadar gula darah. Beberapa jenis kacang yang cocok sebagai makanan untuk penderita diabetes antara lain kacang mete, almond, kacang tanah, kacang merah, hingga kenari.

Itulah beberapa makanan yang cocok dan direkomendasikan bagi penderita diabetes. Anda dapat mengolahnya dengan berbagai cara yang menurut anda lezat, namun sebaiknya olah dengan cara dikukus atau dipanggang. Konsumsilah dengan porsi yang secukupnnya dan tidak berlebihan. Dengan begitu anda dapat menjaga kesehatan serta mengendalikan gula darah anda dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *