Welcome
akibat kekurangan vitamin A

6 Gejala Tubuh Akibat Kekurangan Vitamin A Yang Wajib Anda Ketahui

Vitamin A merupakan salah satu vitamin yang larut dalam lemak dan memiliki banyak fungsi penting bagi tubuh. Seperti menjaga kesehatan mata, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan kesehatan kulit. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang berbahaya. Menurut WHO, kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan kebutaan dan berbagai penyakit bahaya lainnya. Untuk itu, mari simak gejala pada tubuh akibat kekurangan vitamin A yang wajib diketahui.

Mengenal Gejala Tubuh Apabila Kekurangan Vitamin A

1. Mata Terasa Kering

Masalah pada mata merupakan masalah yang paling umum terkait dengan kekurangan vitamin A. Apabila tubuh anda tidak mendapatkan cukup vitamin ini dapat menyebabkan kebutaan secara total atau kornea mata akan sekarat. Mata kering atau ketidakmampuan menghasilkan air mata merupakan salah satu tanda awal kekurangan vitamin A. Perbanyaklah dalam mengkonsumsi makanan ataupun suplemen yang mengandung vitamin A.

Kekurangan Vitamin A Bisa Sebabkan Kebutaan akibat kekurangan vitamin A

2. Kebutaan Saat Malam Hari

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Hamad Medical Corporationdi Doha, menunjukkan bahwa kekurangan vitamin A yang parah dapat menyebabkan kebutaan pada malam hari. Kebutaan pada malam hari atau yang sering disebut dengan nyctalopia ini, merupakan kondisi mata yang secara normal pada siang hari tetapi menjadi buruk ketika malam hari ataupun dalam cahaya yang redup.

Dalam suatu penelitian, seseorang yang menderita kebutaan malam hari diberi vitamin A dalam bentuk makanan ataupun suplemen. Konsumsi kedua bentuk vitamin tersebut dapat menghasilkan peningkatan kondisi yang cukup signifikan. Perbanyaklah makanan yang mengandung vitamin A seperti ikan, telur rebus, keju, hati ayam, sawi, wortel, bayam, ubi jalar, dan masih banyak lainnya.

3. Gangguan Pada Kehamilan dan Kandungan

Vitamin A sangat diperlukan untuk reproduksi bagi pria dan wanita, serta untuk perkembangan pada bayi. Apabila anda sedang program hamil dan kesulitan untuk hamil, kekurangan vitamin A mungkin menjadi salah satu alasannya. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan infertilitas pada pria maupun wanita. Menurut, beberapa penilitian menunjukkan bahwa pria infertile memiliki kebutuhan antioksidan yang lebih besar.

Hal tersebut dikarenakan tingkat stress yang lebih tinggi dalam tubuh mereka. Vitamin A menjadi salah satu nutrisi yang dapat bertindak sebagai antioksidan yang baik dalam tubuh anda. Kekurangan vitamin A juga berkaitan dengan keguguran. Dianalisis dari kadar nutrisi dalam darah wanita yang mengalami keguguran, ditemukan fakta bahwa ternyta mereka memiliki kadar vitamin A yang rendah dalam tubuh mereka ketika mengandung.

4. Memiliki Kulit Kering

Vitamin satu ini memiliki peranan penting dalam pembentukan dan perbaikan sel sel kulit. Ia juga membantu melawan peradangan karena masalah kulit tertentu. Kurangnya asupan ini dapat menjadi penyebab eksim dan masalah kulit lainnya. Eksim adalah suatu kondisi yang menyebabkan kulit kering, gatal, dan meradang. Perlu diingat bahwa kulit kering dapat memiliki banyak penyebab. Akibat kekurangan vitamin A kronis dapat menjadi salah satu alasan utama pada masalah kulit.

 Vitamin A Manfaat Sumber Efek Kekurangan dan Kelebihan akibat kekurangan vitamin A

5. Munculnya Jerawat

Vitamin A dapat membantu mencegah atau mengobati jerawat. Dilansir dari berbagai sumber bahwa kurangnya kadar vitamin A yang rendah pada tubuh dapat menjadi penyebab keberadaan jerawat di wajah anda. Vitamin A topical dan oral dapat menjadi pengobat jerawat atau breakout. Obat ini sangat efektif untuk mengobati jerawat tetapi mungkin memiliki efek samping. Jadi alangkah baiknya untuk melakukan konsultasi dengan dokter kulit.

Berbagai vitamin memang sangat penting bagi tubuh. Terlebih lagi vitamin A, banyak hal yang dapat ditimbulkan apabila tubuh anda kekurangan vitamin satu ini. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin ini, anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin A. Selain itu, anda juga dapat mengonsumsi suplemen tambahan agar terpenuhinya kebutuhan vitamin dalam tubuh anda. Namun, sebaiknya selalu konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter langganan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *