Welcome
cara tidur nyenyak dan bangun pagi

6 Cara Tidur Nyenyak dan Bangun Pagi Dengan Segar yang Perlu Kamu Ketahui

Tidur adalah kegiatan yang sangat penting untuk kesehatan, baik itu fisik ataupun mental seseorang. Kualitas tidur yang baik adalah tidur yang nyenyak dengan waktu yang cukup dan saat bangun tidur merasa segar di keesokan harinya. Akan tetapi tidak semua orang bisa mendapatkan tidur yang berkualitas tersebut. Dilansir dari Liputan6.com berikut 6 cara tidur nyenyak dan bangun pagi dengan segar yang wajib untuk kamu ketahui.

6 Cara Agar Tidur Nyenyak dan Bangun Merasa Segar Di Keesokan Hari

1. Membatasi Tidur Siang

Agar cepat tidur dan bisa bangun di pagi hari, maka hal yang perlu dilakukan adalah membatasi tidur siang. Pasalnya terkadang tidur siang bisa menjadi penyebab sulit tidur di malam hari. oleh karena itu, ada baiknya untuk menghindari atau membatasi tidur siang. Jika terbiasa tidur siang, maka ada baiknya untuk tidur siang tidak lebih dari 20 menit. Agar bisa menghindari tidur siang maka bisa dialihkan kepada kegiatan lain, seperti berjalan kaki atau membaca buku.

2. Hindari Mengkonsumsi Makanan Berat Menjelang Tidur

Agar bisa tidur dengan nyenyak, maka ada baiknya untuk hindari mengkonsumsi makanan berat sebelum tidur. Pasalnya makanan berat akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras, sehingga akan mengganggu tidur malam. Jika merasa lapar di malam hari, maka sebaiknya untuk mengganjal perut dengan menggunakan makanan ringan seperti sereal atau susu. Selain itu, batasi waktu makan paling lambat satu jam sebelum tidur.

3. Hindari Kopi atau Merokok Sebelum Tidur

Kopi dikenal mengandung kafein yang bisa menyebabkan sulit mengantuk. Meskipun setelah itu dipaksakan untuk tidur, maka kamu akan terbangun beberapa kali di malam hari. Sehingga dengan begitu, kualitas tidur akan menurun dan waktu tidur akan berkurang. Demikian juga dengan merokok. Pasalnya kandungan nikotin di dalam rokok memiliki kandungan yang sama dengan kafein.

4. Hindari Olahraga Berat Sebelum Tidur

Memang olahraga dapat menghasilkan efek lelah yang bisa membuat mudah tidur, tetapi terkadang olahraga juga bisa menghasilkan efek segar sehingga membuat tubuh tetap terjaga. Oleh karena itu, untuk kamu yang memiliki efek segar setelah olahraga disarankan mengganti kegiatan tersebut dengan relaksasi yang menenangkan sebelum tidur. Kegiatan seperti yoga, membaca buku, mandi air hangat, atau mendengarkan musik bisa menjadi pilihan.

5. Membuat Jadwal Tidur yang Tetap

Salah satu penyebab tidur yang tidak nyenyak adalah adanya pola tidur yang berantakan. Oleh karena itu, cara tidur nyenyak dan bangun pagi adalah dengan membuat jadwal tidur yang tetap. Pasalnya tidur di jam yang sama secara rutin akan membantu tubuh dan otak menciptakan alarm alami. Sehingga ada baiknya untuk lakukan kegiatan tersebut secara teratur, bahkan saat di akhir pekan sekalipun.

6. Hindari Menonton TV, Bekerja, dan Bermain Gadget di Kamar

Menghindari bekerja di tempat tidur akan membuat pikiran menjadi lebih rileks. Selain itu, sebelum tidur sangat dianjurkan untuk melupakan sejenak pikiran pikiran yang ada kaitannya dengan pekerjaan, deadline, tugas, ataupun ujian. Tidak hanya itu, ada baiknya untuk menyingkirkan peralatan elektronik seperti TV atau gadget dari tempat tidur agar tidak tergoda menonton TV atau berselancar di dunia maya.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar mendapatkan tidur yang nyenyak sehingga bisa bangun pagi di keesokan hari. Tidur yang tidak nyenyak bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk stres, kondisi medis, usia, efek zat kimia, bahkan irama tidur. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menghindari beberapa faktor penyebab sulit tidur tersebut. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *