Welcome
5 Tips Bagaimana Cara Memulai Bisnis dengan Modal yang Kecil

5 Tips Bagaimana Cara Memulai Bisnis dengan Modal yang Kecil

Banyak orang yang berkeinginan membuka usaha dibandingkan harus bekerja dengan orang lain. Dengan memiliki bisnis sendiri, waktu bekerja akan lebih mudah dan fleksibel. Selain itu, keberhasilan keberhasilan di dunia bisnis akan memberikan sumber peghasilan yang banyak. Sayangnya, beberapa orang berfikir bahwa membuka usaha akan membutuhkan modal yang banyak. Padahal membuka usaha bisa dilakukan meskipun dengan modal yang tidak banyak. Lalu, bagaimana cara memulai bisnis dengan modal yang kecil? Yuk simak ulasan di bawah ini.

Tips Memulai Usaha dengan Modal yang Kecil

1. Memilih Jenis Usaha yang Akan Dijalankan

Sebelum memulai bisnis, rencanakan terlebih dahulu bisnis apa yang akan anda tekuni. Modal yang dibutuhkan tergantung dari jenis usaha yang anda pilih. Biasanya bisnis dengan modal yang kecil meliputi usaha yang sederhana seperti toko kelontongan atau jual makanan ringan. Lakukan survey untuk mengetahui usaha yang paling banyak diminati pembeli, jumlah pesaing di bidang tersebut dan hambatan pada usaha yang anda pilih. Dengan demikian, anda tidak salah memilih jenis usaha yang akan dijalankan.

5 Tips Bagaimana Cara Memulai Bisnis dengan Modal yang Kecil itu

2. Merinci Modal dan Biaya Operasional

Setelah memilih jenis usaha yang akan dijalankan, lakukan perincian modal dan biaya operasional yang dibutuhkan. Usahakan jangan sampai ada biaya yang terlewatkan. Anda bisa mengubah jenis usaha yang dipilih, jika ternyata jumlah modal yang dibutuhkan cukup besar. Atau, anda bisa menekan biaya operasional untuk meminimalisir pengeluaran, seperti tidak merekrut karyawan terlebih dahulu. Dengan begitu, penghematan biaya operasional dapat digunakan untuk menutupi kekurangan modal.

3. Hindari Menyewa Tempat Untuk Usaha

Salah satu faktor yang memakan biaya cukup besar saat memulai usaha adalah penyewaan tempat. Biasanya harga sewa tempat meningkat ketika berada di lokasi yang strategis dan disukai pembeli. Untuk meminimalisir biaya tersebut, anda bisa menjalankan usaha bisnis di rumah. Anda juga bisa memberikan layanan jasa pengiriman bagi konsumen yang menginginkan barangnya diantar. Sehingga anda tidak perlu bingung bagaimana cara memulai bisnis dengan modal yang kecil.

4. Menggunakan Bahan Baku yang Murah

Anda dapat mengurangi biaya pengeluaran dengan memakai bahan baku yang lebih murah. Hal ini bisa diatasi dengan mencari supplier yang mematok harga yang lebih murah. Selain itu, anda bisa mensiasati dengan cara memasok barang yang cukup banyak sebagai stok pada saat harganya turun. Jadi, ketika harga bahan baku tersebut tiba-tiba naik, anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu banyak. Dengan catatan, bahan baku yang digunakan bisa tahan dalam waktu yang cukup lama.

5 Tips Bagaimana Cara Memulai Bisnis dengan Modal yang Kecil ini

5. Melakukan Promosi Melalui Media Sosial

Promosi menggunakan iklan maupun reklame dapat meningkatkan biaya pengeluaran. Bagi usaha yang masih dalam tahap perintisan, mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk promosi tentunya sangat sulit. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa melakukan promosi melalui media sosial. Dengan promosi melalui face book atau instagram, anda tidak perlu mngeluarkan biaya. Meskipun gratis, menggunakan media sosial untuk promosi terbukti lebih efektif meningkatkan pembeli

Banyak yang menunda untuk memulai bisnis karena faktor modal. Apakah anda termasuk salah satunya? Memulai bisnis bisa dilakukan dengan modal yang kecil. Hal paling penting yang harus dimiliki pebisnis adalah niat dan tekat yang kuat. Bagi anda yang ingin membuka usaha, 5 tips di atas dapat membantu mengurangi biaya pengeluaran. Sudah siap mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *