Welcome
Perbedaan Investasi VS Menabung perbedaan investasi dan tabungan

5 Perbedaan Investasi VS Menabung, Anda Harus Tahu!

Jika dilihat secara sekilas, investasi dan menabung mempunyai kegiatan yang sama-sama menyimpan uangnya. Namun, ternyata masih banyak yang belum mengerti perbedaan konsep dari kegiatan tersebut. Lalu, apakah apa sajakah perbedaan investasi vs menabung? Simak ulasan berikut!

Hal-Hal yang Membedakan Investasi VS Menabung yang Harus Anda Pahami

1. Kemudahan dalam Mengaksesnya

Hal pertama yang membedakan antara investasi dan menabung terletak pada kemudahan untuk mengaksesnya. Apabila anda menabung, anda hanya perlu memindahkan uang anda untuk disimpan pada bank. Anda juga dapat dengan mudah mengambilnya dari bank sewaktu-waktu ketika anda membutuhkannya. Anda dapat memintanya melalui teller bank atau diambil di ATM.

Perbedaan Investasi VS Menabung save vs invest

Berbeda dengan menabung, investasi merupakan kegiatan yang prosesnya sama seperti membeli sesuatu. Seperti halnya jika anda melakukan investasi saham makan anda dikatakan membeli saham tersebut dan anda menjadi pemiliknya. Kemudian jika anda ingin mengambil uangnya untuk kebutuhan mendesak, maka anda akan membutuhkan waktu yang lama untuk proses pencairannya.

2. Risiko dan Bunga

Berbicara mengenai risiko, menabung dapat dianggap memiliki tingkat resiko yang sangat minim karena keamaannya yang sudah terjamin dan terpercaya. Jika bank tempat anda menabung mengalami pencurian, jangan khawatir. Bank tersebut akan bertanggung jawab untuk menggantikan uang tabungan anda.

Tidak hanya tingkat risiko yang kecil saja namun dengan menabung di bank-bank tertentu anda juga bisa mendapatkan bunga tahunan. Bunga tersebut ditambahkan oleh pihak bank ke rekening anda. Akan tetapi, bunga yang akan anda peroleh tentu saja tidak begitu besar. Dengan begitu, anda tidak boleh terlalu berharap dengan nilai bunga yang diberikan.

Hal ini berbeda dengan investasi, tentunya keuntungan yang dijanjikan lebih banyak dibandingkan dengan bunga tabungan. Uang yang diinvestasikan akan selalu bertambah jumlahnya seiring bejalannya waktu sehingga akan menambah kantong kekayaan anda. Akan tetapi, semakin tinggi imbalan yang ditawarkan, maka semakin tinggi juga tingkat resiko kehilangannya.

3. Bentuk atau Produk

Perbedaan investasi vs menabung selanjutnya adalah bentuk dan produknya. Pada umumnya tabungan berbentuk uang yang disimpan pada bank sebagai uang tabungan atau deposito. Sedangkan, pada investasi akan ada beberapa macam-macam produk. Produknya dapat dalam bentuk aset nyata seperti emas dan properti atau juga dalam bentuk produk pasar modal seperti saham, reksadana, dan obligasi.

4. Fungsi

Jika dilihat dari fungsinya, tabungan merupakan pilihan yang tepat untuk anda jika ingin memiliki alokasi dana cadangan, sebab anda dapat menggunakannya sewaktu-waktu saat ada keperluan yang mendesak. Sementara itu, investasi mempunyai kegunaan sebagai pemenuhan kebutuhan dalam jangka waktu yang panjang dari hasil pengembangan aset yang anda punya.

Perbedaan Investasi VS Menabung Investasi

5. Profit

Perbedaan yang sangat mencocok antara investasi dan menabung adalah profit yang akan anda terima. Tentunya profit yang diperoleh saat investasi lebih besar dibandikan dengan profit yang didapatkan dari menabung. Akan tetapi, tingginya tingkat pendapatan keuntungan akan mempengaruhi juga pada tingginya tingkat risiko yang akan dihadapi.

Seperti yang telah dijelaskan pada poin-poin sebelumnya, menabung hanya menempatkan uang pada rekening bank yang uang tersebut telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LSP). Hal ini menyembabkan tingkat risiko menabung yang rendah karena adanya jaminan simpanan dari bank tersebut. Berbanding terbalik dengan menabung, investasi memiliki tingkat risiko yang lebih besar.

Diatas merupakan beberapa perbedaan dari investasi dan menabung. Meskipun sekilas memiliki konsep yang sama, akan tetapi keduanya memiliki perbedaan. Jadi, anda tidak perlu bingung lagi dengan hal-hal apa saja yang membedakan investasi dan menabung. Setelah mengetahui perbedaannya, anda dapat menentukan jalan mana yang anda pilih untuk menyimpan uang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *