Welcome
mesin pencari selain google

5 Mesin Pencari Selain Google yang Bisa Anda Coba

Bagi anda yang sering mengakses internet untuk mendapatkan informasi, mungkin lebih sering mengandalkan mesin pencari Google. Padahal selain Google, ada banyak sekali mesin pencari yang bisa anda gunakan untuk memperoleh informasi. Beberapa orang biasanya memilih mesin pencari yang lain dengan tujuan keamanan untuk melindungi data pribadi, agar tidak disebarkan kepada pengiklan. Berikut ini 5 mesin pencari selain Google yang bisa anda coba.

5 Mesin Pencari untuk Mendapatkan Informasi Selain Google

1. Yahoo!Search

Yahoo!Search memang salah satu search engine yang cukup populer selain Google.Mesin pencari ini sudah dibuat sejak tahun 1995. Ada beberapa layanan yang disediakan oleh Yahoo diantaranya Mail, News, Finance, Sport, dan Answers yang bisa anda gunakan untuk memperoleh berbagai macam informasi. Saat ini, mesin pencari Yaho sudah melakukan kerja sama dengan Microsoft dan Bing untuk menyajikan hasil pencarian yang lebih relevan dan akurat.

mesin pencari selain google yahoo

2. Bing

Bing memiliki fitur yang hampir sama dengan Google, dimana pengunjung bisa menemukan berbagai bentuk informasi dalam satu halaman. Sedangkan tampilan Bing sendiri hampir serupa dengan Yahoo!Search dengan latar belakang yang berubah ubah. Karena mesin pencari ini sudah bekerja sama dengan microsoft, maka anda bisa menemukan menu untuk mengakses program Microsoft seperti Outlook, MSN, serta berbagai program Microsoft Office lainnya di halaman awal.

3. DuckDuckGo

Selain faktor keamanan, mesin pencari yang satu ini juga sangat cocok bagi anda yang lebih menyukai tampilan sederhana. DuckDuckGo menggunakan tagline “Privacy, Simplified” yang menjamin data privasi saat anda melakukan pencarian dengan menggunakan DuckDuckGo. Dengan demikian, data anda tidak akan dideteksi oleh para pengiklan. Maka tidak heran ketika anda menulis kata kunci pada mesin pencari ini, anda akan mendapatkan hasil yang lebih umum.

4. Search Encrypt

Mesin pencari ini hampir serupa dengan DuckDuckGo karena sangat memperhatikan keamanan data anda. Search Encrypt memadukan Secure Socket Layer (SSL) dengan AES-256 untuk keamanan sehingga data tidak dapat dicuri oleh peretas maupun bot. Selain itu, mesin pencari ini juga aman dari local user yang terhubung dengan perangkat anda. Tak hanya itu, mesin pencari selain Google ini juga menghadirkan pencarian maps dan video yang lebih aman.

mesin pencari selain google ini

Fitur maps dari mesin pencari ini menggunakan peta dari Open Street Map yang dapat diedit dengan bebas. Pada pencarian video, mesin pencari ini memblokir iklan dan melindungi privasi serta kata kunci pencarian yang anda gunakan. Maka tak heran apabila nantinya hasil pencarian yang anda temukan tidak selengkap mesin pencari Google. Namun, jika anda lebih mengutamakan keamanan, maka mesin pencari satu ini patut untuk anda coba.

5. Yandex

Yandex merupakan mesin pencari yang dibuat pada tahun 1997 oleh Rusia. Mesin pencari ini mengumpulkan data personal, riwayat pencarian serta kata kunci pencarian. Namun, pengumpulan informasi tersebut bukan tanpa sebab melainkan agar user bisa mendapatkan hasil pencarian yang lebih relevan. Selain itu, data yang dikumpulkan juga sudah mendapatkan izin dari user. Ada banyak fitur yang ditawarkan oleh Yandex diantaranya pencarian gambar, video dan peta.

Sebenarnya masih banyak mesin pencari yang bisa anda gunakan selain Google. Setiap mesin pencari memiliki fitur yang berbeda beda. Dengan demikian, anda bisa memilih mesin pencari yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Sebagaimana contoh untuk mesin pencari dengan tingkat keamanan yang tinggi, anda bisa memilih DuckDuckGo atau Search Encrypt. Sedangkan untuk fitur yang setara dengan Google, anda bisa memilih Bing, Yandex atau Yahoo!Search.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *