Welcome
akibat kekurangan vitamin B bahaya kekurangan vitamin B

5 Dampak Negatif Akibat Kekurangan Vitamin B yang Wajib Anda Ketahui

Jika anda sering merasa pusing dalam jangka waktu yang cukup lama, bisa saja hal tersebut dikarenakan tubuh anda kekurangan vitamin B. Vitamin ini memiliki banyak jenis atau biasa disebut dengan vitamin B kompleks. Dimana setiap jenisnya memiliki peran yang memang cukup penting bagi kesehatan. Berikut beberapa dampak negatif akibat kekurangan vitamin B. Simak ulasan lengkapnya.

Bahaya Kekurangan Vitamin B yang Perlu Diperhatikan

1. Vitamin B6

Jenis vitamin B6 ini merupakan sumber energi bagi tubuh anda. Selain itu, vitamin ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga dapat membuat anda terhindar dari berbagai infeksi. Kekurangan vitamin B6 bisa mengakibatkan anemia dan juga berbagai macam masalah kulit, seperti ruam dan bibir pecah-pecah. Bahkan mual, menurunnya konsentrasi, depresi, dan rentan terhadap infeksi merupakan masalah kesehatan akibat kurang vitamin B6.

akibat kekurangan vitamin B Manfaat yang Perlu Diketahui

Selain itu, vitamin ini sangat dibutuhkan bagi ibu hamil untuk meningkatkan perkembangan otak pada janin yang dikandung. Anda dapat melengkapi kebutuhan vitamin B6, dengan cara mengonsumsi kentang, bayam, semangka, salmon, tuna, sereal, daging giling, dada ayam, tuna, dan kacang-kacangan. Olahlah berbagai macam bahan makanan ini dengan cara yang sehat, agar tidak kehilangan kandungan di dalamnya.

2. Vitamin B9

Vitamin B9 atau biasa juga disebut asam florat, berfungsi untuk mengatur sirkulasi udara di tubuh. Asam florat ini juga merupakan nutrisi yang penting untuk dikonsumsi selama masa kehamilan, karena dapat mengurangi resiko bayi lahir cacat. Kekurangan vitamin B9 selain bisa menimbulkan resiko cacat lahir, juga dapat menyebabkan diare dan anemia. Beberapa makanan yang mengandung vitamin B9 antara lain sayuran hijau, hati ayam atau sapi, jeruk, dan kacang-kacangan.

3. Vitamin B3

Vitamin B3 juga adalah sumber energi bagi tubuh. Kandungan vitamin ini juga membantu dalam melancarkan sistem pencernaan serta meningkatkan nafsu makan. Maka kekurangan vitamin B3 bisa menimbulkan masalah pada pencernaan seperti kram perut dan mual. Beberapa bahan makanan yang dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin B3 yakni daging ayam, daging merah, gandum, ikan, dan kacang-kacangan.

4. Vitamin B12

Akibat kekurangan vitamin B jenis B12 dapat meningkatnya resiko depresi, paranoid, serta demensia. Karena vitamin B12 ini berdampak pada kemampuan kognitif atau fungsi otak individu. Selain berpengaruh pada fungsi otak, vitamin ini juga mengatur sistem saraf dan pembentukan sel darah merah. Beberapa makanan yang mengandung jenis vitamin ini yaitu susu, ikan, keju, kerang, yogurt, dan hati ayam atau sapi.

akibat kekurangan vitamin B Waspada Efek samping vitamin B kompleks

5. Vitamin B1 dan B2

Terakhir ada vitamin B1 dan B2, kedua vitamin ini dikenal dengan sebutan thiamin (B1) dan riboflavin (B2). Dimana keduanya merupakan sumber energi pada tubuh. Vitamin B1 lebih berpengaruh pada kesehatan sistem saraf, dan vitamin B2 baik untuk kesehatan penglihatan. Dampak yang dirasakan apabila kekurangan vitamin ini yaitu pusing dan bibir pecah-pecah.

Selain itu, kekurangan vitamin B1 dapat meningkatkan resiko terkena penyakit beri-beri. Sedangkan kekurangan vitamin B2 akan mengakibatkan mata merah, anemia, infeksi mulut, serta sariawan. Tak hanya itu, kekurangan vitamin B2 pada ibu hamil akan membuat pertumbuhan bayi menjadi terhambat. Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin B1 dan B2, dengan cara mengonsumsi makanan seperti telur, sayuran hijau, gandum, dan juga susu.

Itulah beberapa masalah kesehatan yang dapat anda alami apabila kekurangan vitamin B. Menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan bergizi tentunya akan memberikan dampak yang positif bagi tubuh. Begitu pula pada ibu hamil, hal tersebut dapat membantu perkembangan dan pertumbuhan pada janin. Untuk itu, anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B kompleks, untuk memenuhi nutrisi bagi tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *