Welcome
jenis fintech di indonesia

4 Jenis Fintech di Indonesia yang Perlu Anda Ketahui

Perusahaan Financial Technology (Fintech) di Indonesia mengalami peningkatan pertumbuhan yang sangat cepat, sehingga tidak heran jika banyak jenis fintech baru yang bermunculan. Oleh karena itu, Anda perlu tahu jenis jenis fintech di Indonesia beserta dengan fungsinya untuk kehidupan saat ini. Menurut Bank Indonesia, financial technology terbagi menjadi 4 jenis. Apa saja? Yuk cari tahu disini.

Jenis Financial Technology yang Hadir di Indonesia

1. Payment, Clearing, dan Settlement

Belakangan ini ada beberapa startup financial yang menyediakan payment gateaway atau e wallet, dan layanan tersebut sudah beredar di masyarakat Indonesia. Fintech ini bergerak di bidang pembayaran, baik yang diselenggarakan oleh perbankan maupun Bank Indonesia. Keberadaan fintech jenis ini, sangat memudahkan para pengguna untuk melakukan transaksi pembayaran secara praktis, cepat, nyaman, dan aman.

jenis fintech di indonesia Financial Technology Fintech

Fintech payment gateway akan menghubungkan bisnis e commerce dengan berbagai bank, sehingga penjual dan pembeli bisa melakukan transaksi dengan mudah dan cepat. Sementara fintech e wallet akan memungkinkan pengguna menyimpan uang mereka di aplikasi tersebut, yang nantinya bisa digunakan untuk melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun. E wallet ini sangat mudah dipakai, sehingga pengguna tidak perlu repot berurusan dengan uang tunai.

2. Peer to Peer (P2P) Lending dan Crowdfunding

Peer to Peer (P2P) Lending dan crowdfunding merupakan jenis financial technology yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Bisa dikatakan, jenis satu ini merupakan marketplace financial. Hal tersebut lantaran Peer to Peer (P2P) Lending dan crowdfunding adalah sebuah platform yang mempertemukan pihak membutuhkan dana dengan pihak pemberi dana sebagai modal atau investasi.

Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi kebanyakan pelaku bisnis kecil yang sedang membutuhkan modal untuk bisnisnya. Tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa urusan modal atau pendanaan masih menjadi bagian yang paling penting dalam membangun suatu bisnis ataupun usaha. Pasalnya dengan modal yang cukup, maka rencana yang sudah dicanangkan jauh jauh hari akan lebih mudah dijalankan.

3. Manajemen Risiko Investasi

Manajemen risiko investasi merupakan salah satu jenis fintech di Indonesia yang memungkinkan Anda untuk bisa memantau kondisi keuangan, serta mengolah keuangan dengan lebih mudah dan praktis. Yang mana pada fintech ini, penggunaannya cukup mudah meskipun hanya bisa diakses melalui smartphone. Anda tinggal mengisi data yang dibutuhkan untuk bisa mengelola dan mengontrol keuangan.

fintech indonesia jenis fintech di indonesia

4. Market Aggregator atau Provisioning

Fintech jenis satu ini memiliki simpanan bank data mengenai berbagai produk keuangan yang sudah tersedia di pasaran. Portal market aggregator akan sangat membantu pengguna dalam menentukan pilihan pada suatu produk keuangan tertentu. Yang mana fintech jenis ini akan menyajikan data mengenai berbagai aspek produk keuangan seperti harga, fitur, dan juga manfaat produk tersebut.

Kini sudah banyak market aggregator yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Yang mana fintech ini akan memberikan informasi yang baik sebelum Anda mengambil keputusan terkait produk produk financial. Contohnya saat Anda ingin membuat kartu kredit. Nantinya market aggregator akan menampilkan seluruh penyedia layanan tersebut, lengkap dengan data aspek dan keunggulannya. Dengan begitu, Anda bisa menimbang dan memilih produk yang sesuai kebutuhan.

Itulah beberapa jenis financial perusahaan yang banyak bermunculan di Indonesia. Dimana setiap fintech memiliki peranan masing masing dalam memudahkan kehidupan masa ini. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika fintech ini menjadi kebutuhan yang dapat mengubah gaya hidup seseorang. Terlebih saat mereka sudah paham dan mengerti dalam bidang keuangan dan teknology. Dari banyaknya jenis financial technologi, sudahkah Anda memanfaatkan salah satunya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *